Tuesday, January 27, 2009

Sewindu

HARI ini, 27 Januari, tepat sewindu kami menjalin pertemanan. Lebih dari sekadar pertemanan malah, tetapi juga persahabatan, persaudaraan, dan harapan untuk membangun sebuah keluarga kecil dengan anak-anak yang lucu.
Ya, delapan tahun. Konon angka delapan memiliki arti khusus. Dari browsing ala kadarnya di internet, saya menemukan ulasan tentang The Mystery of Numbers karya Annemarie Schimmel. Pada bab 17 buku itu, Schimmel membubuhkan judul yang berbunyi, “Delapan: Angka Keberuntungan”.
Schimmel, yang juga dikenal sebagai penafsir puisi-puisi mistik Muhammad Iqbal, menyebut bahwa bintang bertitik delapan atau oktagon pada masa silam dipercaya orang-orang Yahudi dan Kristen sebagai simbol keberuntungan. Makam-makam St Priscilla di Roma, kata Schimmel, amat banyak dihiasi simbol-simbol oktagon, selain gambar Perawan Maria.
Begitu pula dalam kepercayaan bangsa Tionghoa, delapan adalah simbol kesempurnaan dan keberuntungan. Angka delapan yang ditulis dengan garis yang terus tersambung dari titik awal sampai titik akhir tanpa putus adalah simbol kesempurnaan.
Begitu pula dengan mitologi Delapan Dewa atau dalam bahasa Mandarin disebut Ba Xian(Hanzi:八仙) yang berasal dari tradisi Taoisme, merupakan dewa-dewi yang amat dikenal dalam tradisi literatur dan seni Tiongkok.
Mereka ( Zhong Li Quan, Li Tie Guai, Lu Dong Bin, Zhang Guo Lao, He Xian Gu, Lan Cai He, Han Xiang Zi, Cao Guo Jiu) adalah simbol keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Masing-masing dewa mewakili 8 kondisi kehidupan : anak muda, lansia, kemiskinan, kekayaan, rakyat jelata, ningrat, pria dan wanita.
Wikipedia menyebutkan, mitologi Delapan Dewa lahir pada jaman dinasti Tang dan dinasti Sung. Walaupun penjelasan mengenai mereka telah ada sejak dinasti Tang, namun pengelompokkan ke dalam kategori delapan dewa baru terjadi pada masa dinasti Ming.
Apapun itu, bolehlah saya berharap ulang tahun sewindu kali ini menjadi momen yang membahagiakan, sekaligus menabalkan tekad untuk meraih mimpi-mimpi. “Happy Anniversary”...

2 comments: