Saturday, December 27, 2008

Pesona Toraja (2)

SITUS lain yang membikin penasaran untuk dikunjungi adalah kompleks makam bayi dalam pohon di Kambira. Lokasi ini letaknya tak jauh dari Londa. Di Kambira, anda dapat melihat pohon Tarra’, tempat bayi-bayi yang telah meninggal dimakamkan.
Pohon Tarra’ ini memiliki diameter cukup besar, sekitar 80-100 cm. Pohon ini dilubangi untuk menaruh jasad bayi, kemudian ditutup dengan ijuk. Upacara pemakaman seperti ini dilakukan oleh pengikut Aluk Todolo (pengikut para leluhur). Bayi yang dikuburkan dalam pohon itu tidak dibungkus kain, sehingga benar-benar seperti bayi yang berada dalam rahim sang ibu. Sebatang pohon Tarra’ dapat dilubangi untuk lebih dari satu makam bayi. Semakin tinggi status sosial keluarga bayi yang meninggal, semakin tinggi letak lobangnya pada pohon.
Untuk mengunjungi situs-situs itu, anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Jika anda termasuk golongan “backpacker”, anda cukup membayar Rp 80 ribu ongkos bus dari Makassar sampai Rantepao. Dari sini, anda dapat memulai perjalanan dengan melihat-lihat pasar suvenir. Situs-situs makam kuno Ketekesu, Londa, Lemo, atau Kambira berada tak jauh dari Rantepao. Anda bisa menjangkaunya dengan ojek atau angkutan umum.

1 comment:

  1. pemikiran yang semakin matang dari Ninik yang aku kenal sejak belasan tahun lalu.

    ReplyDelete