Thursday, February 14, 2008

12 Februari

TANGGAL kelahirannya 12 Februari, bertepatan dengan tanggal lahir Charles Darwin dan Abraham Lincoln. Ia Ignatius, lahir 12 Februari 1979, lebih dari satu abad setelah Darwin menemukan teori evolusi yang monumental itu.
Tahun ini usianya genap 29 tahun. Orang bilang usia segitu adalah "the 2nd golden age", usia puncak kreativitas anak manusia.

Kalau boleh sekadar membandingkan, simaklah sedikit biografi Charles Darwin berikut kawan.
Tahun 1831 Darwin mulai berangkat berlayar di atas kapal Beagle. Waktu itu umurnya baru 20 tahun. Selama lima tahun kemudian, Darwin berlayar menyusuri pantai Amerika Selatan, menyelidiki kepulauan Galapagos yang sunyi. Ia menjumpai banyak keajaiban alam, bertemu dengan suku-suku primitif, menemukan sejumlah fosil, meneliti berbagai macam tumbuhan dan hewan. Tak lupa, ia mencatat segala yang dilihatnya.
Tahun 1842-- pada usia 33 tahun-- ia mulai menulis garis besar teori evolusi yang masyhur itu.

Tetapi benarkah Ignatius tengah menjalani golden age seperti halnya Charles Darwin? Ia hanya tertawa mendengar gagasan pertanyaanku itu.
''Ah, yang jelas aku makin tua,'' ujarnya sembari terbahak di ujung telepon.

Apapun alasannya, sebagai kawan perjalanan yang baik, tak ada salahnya aku mengucapkan selamat ulang tahun untuk kawan terbaikku itu. Bukankah acapkali kita lupa bahwa semakin tua umur kita, semakin banyak hal dalam hidup yang harus kita syukuri sekaligus kita persiapkan menjelang kematian?
Dan hari ulang tahun, adalah momentum terbaik untuk berintrospeksi sekaligus mengingat semua itu. Selamat Ulang Tahun, guy!

1 comment:

  1. Siapa Ignatius? bener2 beresonansi nih... I'm 12 Feb 79 too.
    Malah baru tau kalo ultah bareng sama Darwin n Lincoln.

    ReplyDelete